Jumat, 06 April 2012

Contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 5
( RPP )

Sekolah                                   :    SD BOROREJO NO. 234
Mata Pelajaran                      :    Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
Kelas/Semester                    :    V/ 1
Materi Pokok                          :    Tumbuhan Hijau
Waktu                                      :    4 x 35 menit (2 X pertemuan)
Metode                                     :    Ceramah dan praktek

A.     Standar Kompetensi                 :
2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan

B.     Kompetensi Dasar
2.1 Mengidentifikasi cara tumbuhan hijau membuat makanan
Indikator pertemuan 1
o  Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain.
Indikator Pertemuan 2
o  Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.

C.     Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
o    Melalui diskusi tentang pembuatan makanan tumbuhan,Siswa dapat Memahami proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai fotosintesis
o    Melalui diskusi tentang bahan  fotosintesis,Siswa dapat Mengetahui bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan untuk membuat makanan
-       air → diperoleh melalui akar
-       karbon dioksida →  masuk dari udara melalui stomata dan lentisel
-       cahaya matahari → diserap oleh klorofil
o    Melalui Tanya jawab tentang fotosintesis,Siswa dapat Mengetahui proses pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat (perhatikan gambar 2.3)
o    Melalui Tanya jawab tentang fotosintesis,Siswa dapat Mengetahui hasil fotosintesis berupa
-       Karbohidrat
-       Oksigen
       Pertemuan 2
o    Melalui diskusi tentang makanan cadangan tumbuhan,Siswa dapat Mengetahui tempat menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan dan memberikan contohnya
a.     di dalam umbi
b.     di dalam buah
c.     dalam biji
d.     di dalam batang.

& Karakter siswa yang diharapkan :                 Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab ( responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)

D.     Materi Essensial
Pembuatan makanan pada tumbuhan hijau
o    Proses tumbuhan hijau membuat makanan
o    Pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tumbuhan hijau

E.     Media Belajar
o    Buku  SAINS Relevan Kelas V

F.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
Pertemuan ke-1
1.     Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o    Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan

2.     Kegiatan Inti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Memahami peta konsep tentang tumbuhan hijau
F  Memahami proses pembuatan makanan pada tumbuhan sebagai fotosintesis
F  Mengetahui bahan-bahan yang diperlukan tumbuhan untuk membuat makanan
-    air → diperoleh melalui akar
-    karbon dioksida →  masuk dari udara melalui stomata dan lentisel
-    cahaya matahari → diserap oleh klorofil
F  Mengetahui proses pengubahan air dan karbondioksida menjadi karbohidrat (perhatikan gambar )
F  Mengetahui hasil fotosintesis berupa
-    Karbohidrat
-    oksigen
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.     Penutup
o    Mengulang proses fotosintesis
o    Proses pembuatan makanan pada tumbuhan dengan bantuan cahaya disebut fotosintesis
o    Hasil fotosintesis adalah karbohidrat dan oksigen

4.     Pekerjaan Rumah
o    Tugas

Pertemuan ke-2
1.     Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o    Menagih tugas
o    Mengulang materi pertemuan sebelumnya
o    Menyampaikan Indikator Pencapaian Kompetensi dan kompetensi yang diharapkan
2.     Kegiatan Inti
& sEksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  Siswa dapat Memahami peta konsep tentang tumbuhan hijau
F  Memahami bahwa karbohidrat yang dihasilkan digunakan untuk tumbuh, memperbanyak diri dan makanan cadangan
F  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F  memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  Menyebutkan tempat menyimpan makanan cadangan pada tumbuhan
a.     di dalam umbi
-   kentang
-   wortel
-   Talas
-   Singkong
-   Bawang merah
-   Ubi jalar
b.     di dalam buah
-   avokad
-   mangga
-   jeruk
-   apel
-   nanas
-   pisang
-   pepaya
-   durian
-   anggur
c.     di dalam biji
-   kacang tanah
-   kacang kedelai
-   kacang merah
-   kacang hijau

d.     di dalam batang
-   tebu
-   sagu


F  membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3.     Penutup
o    Memberikan kesimpulan
-       Makanan cadangan disimpan di dalam umbi, buah, biji dan batang

4.     Pekerjaan Rumah
o    -

G.     Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menjelaskan proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain. #)
o  Menunjukkan tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.

Tugas Individu



Laporan dan unjuk kerja


Uraian Objektif



o  Jelaskanlah proses tumbuhan hijau membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan cahaya lain. #)
o  Sebutkanlah tempat tumbuhan menyimpan cadangan makanan.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.







   CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


Mengetahui,                                                                                                             .............. , ................................
Kepala Sekolah                                                                                                                      Guru Kelas



SARI SUNARNI, SPd                                                                                                              SUWARTI
NIP. 196009201979112003                                                                                 NIP. 196808231989032009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar