Sabtu, 20 Juli 2013

PT Denso Indonesia dan Standarisasinya

A.    LATAR BELAKANG
Adanya perjanjian kerjasama secara global untuk mengadakan daerah pasar bebas (AFTA) mendorong banyak pihak eksternal atau yang dalam hal ini adalah Multi-National Corporations (MNCs) untuk berinvestasi ke negara-negara berkembang yang memiliki kelebihan dalam aspek sumberdaya manusia dan bahan baku yang mudah di dapatkan pada kawasan Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Dalam rangka persiapan menghadapi era globalisasi tersebut, para pengusaha baik yang berskala besar, menengah maupun kecil sudah harus mulai melaksanakan pembenahan kinerja dari manajemen perusahaan yang dimiliki, termasuk manajemen sumber daya manusia.

Salah satu strategi yang digunakan oleh perusahaan internasional adalah melakukan perluasan tempat usaha dengan membuka pabrik baru atau anak cabang di negara lain. Peran anak cabang antara lain menjadi inisiator dari kompetensi dan kemampuan yang berkontribusi sebagai pusat laba ke keuntungan kompetitif dari keseluruhan perusahaan multinasional. Tingkat kesuksesan anak cabang dapat dilihat dari indikator berapa banyak jaringan multinasional mengakui keahlian di organisasi, tidak semua inovasi, dan praktik ‘best-practice’ ada pada headquarter.

Manajemen multinasional yang efektif memerlukan kepekaan dan adaptasi terhadap berbagai persyaratan  dan adat istiadat negara tuan rumah tentang pekerjaan, seperti perekrutan, penghargaan dan promosi, dan menghormati tradisi budaya dan kelembagaan lokal. Ketidaksesuaian antara budaya, sosial atau politik pada praktik HRM di negara induk dan di lokasi yang asing dapat mengakibatkan efek disfungsional seperti masalah dalam menarik dan mempertahankan karyawan, konflik hubungan kerja atau perilaku karyawan yang tidak efektif.

SEKILAS PERUSAHAAN
PT DENSO Indonesia adalah perusahaan joint venture antara DENSO Japan Corporation dan PT Astra International yang memproduksi komponen kendaraan bermotor baik roda dua ataupun roda empat. PT DENSO Indonesia disetujui oleh Badan Komisaris Penanaman Modal pada tahun 1973. Berikut ini merupakan profil perusahaan:
      Nama Perusahaan        : PT DENSO INDONESIA
      Alamat Kantor             : Jln. Gaya Motor I No. 6 Sunter II, Kelurahan Sungai Bambu,
  Tanjung Priok Jakarta Utara 14330, DKI Jakarta
      Telepon/Faksimili        : (021) 6512279 / (021) 6510566
      Status Permodalan      : Penanaman Modal Asing (PMA)

PT DENSO Indonesia pada mulanya bernama PT NipponDENSO Indonesia Incorporation secara resmi didirikan pada tanggal 12 mei 1975 dengan jumlah investasi awal sebanyak US$ 5.650.000 dan telah memproduksi secara komersial sejak bula Februari tahub 1987. Izin usaha industry pertama yaitu dengan No. 02/T/Industri/1990 atas nama PT NipponDENSO Indonesia yang bergerak di bidang Pembuatan Komponen Perlengkapan Kendaraan Bermotor.
Dalam kurun waktu berjalan perusahann yang bersandar pada bisnis manufacturing komponen otomotif, karena beberapa alasan akhirnya berganti nama menjadi PT DENSO Indonesia Corporation pada tahun 1998 dan terakhir pada tahun 2004 menjadi PT DENSO Indonesia.

Filosofi DENSO antara lain:
v  Menjadi milik bangsa yang sangat bermanfaat bagi bangsa dan negara.
v  Memberikan pelayana yang terbaik bagi pelanggan
v  Saling menghargai dan membina kerja sama
v  Berusaha mencapai yang terbaik
Visi
v  Consideration and Fulfillment
Misi
v  Contributing to a better world by creating value together with a vision for future

Tabel Perjalanan PT DENSO Indonesia
Tahun
Bulan
Sejarah
1973
November
Persetujuan BKPM
Desember
Perjanjian joint venture
1974
November
Persetujuan Dari Presiden
1975
Februari
Lisensi dari Departemen Perindustrian
Mei
Menetapkan berdirinya PT NipponDENSO
1976
Juni
Konstruksi Diresmikan
1977
April
Konstruksi yang Diselesaikan
1978
Februari
Produksi Radiator dan AC mobil
1979
Juni
Produksi Busi dan Filter
1988
Jan
Produksi AC Bus, starter, dan alternator
April
Produksi Reserve Tank (tabung cadangan air radiator)
Juli
Washer Tank (tabung air pencuci kaca), Horn dan Produksi Fuel Filter
1991
November
Produksi Kompresor
1998
Juli
Dapatkan Sertifikat ISO 9001 (Quality Management System)
Desember
Dapatkan Sertifikat ISO 14001 (Sistem Manajemen Lingkungan)
1999
Juli
Produksi idle speed control valve
2000
Juni
Dapatkan Sertifikat QS 9001
2002
Januari
Mendapatkan sertifikat SMK3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja)
2004
Juni
Produksi stick oil dan Oxygen Sensor
2004
Berubah dari PT DENSO INDONESIA CORPORATION di PT DENSO INDONESIA
2004
November
Pendirian DENSO SALES INDONESIA
2008
Agustus
Ekspansi Pabrik ke Cibitung

B.     IDENTIFIKASI MASALAH
PT DENSO Indonesia adalah Modal Ventura Investasi Asing antara perusahaan swasta Jepang dan Indonesia sebagai counter mereka, dan berada di satu pemimpin dalam pembuatan komponen otomotif seperti Air Conditioner, busi, Filter, dan lainnya. Langkah DENSO dalam menyelaraskan perusahaan induk dengan perusahaannya di Indonesia dan perbandingan antara standarisasi yang ada di DENSO Group dengan perusahaan DENSO Indonesia menjadi masalah yang bisa diulas lebih terperinci.

C.    TINJAUAN PUSTAKA
Pengertian Joint Venture
Joint Venture Internasional (IJV) merupakan bentuk lain dari aliansi lintas budaya yang pertumbuhannya terus meningkat. IJV bisa memiliki dua atau lebih perusahaan induk. Perbedaan yang mungkin dihadapi dalam IJV adalah :
1.      Divisi yang ada dalam perusahaan induk dan joint venture.
2.      Dominasi antar-partner. Keduanya bisa jadi seimbang, dominan / minoritas.

Partner dengan perbedaan institusi, budaya, latar belakang nasional, harus menyeimbangkan kepentingannya. Tantangan yang dihadapi dalam IJV meliputi dua faktor berikut :
1.HR harus mengelola hubungan antara IJV dengan perusahaan induk.
2.HRD harus mengembangkan praktek dan strategi manajemen HR untuk kesatuan IJV.

Pengaturan Joint Venture di Indonesia:
v  Pasal 23 UU Nomor 1 Tahun 1967 tentang Penanaman Modal Asing
v  PP Nomor 17 Tahun 1992 jo. PP Nomor 7 Tahun 1993 tentang Pemilik Saham Perusahaan Penanaman Modal Asing
v  PP Nomor 20 Tahun 1994 tentang Pemilikan Saham dalam Perusahaan yang Didirikan dalam Rangka Penanaman Modal Asing
v  SK Menteri Negara Penggerak Dana Investasi/Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor: 15/SK/1994 tentang Ketentuan Pelaksanaan Pemilikan Saham dalam Perusahaan yang Didirikan dalam Rangka Penanaman Modal asing.

Menurut pasal 8 ayat (1) SK Menteri Negara Penggerak Dana Investasi/Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal Nomor: 15/SK/1994 tentang Ketentuan Pelaksanaan Pemilikan Saham dalam Perusahaan yang Didirikan dalam Rangka Penanaman Modal Asing,
Yang tidak diperbolehkan mengadakan usaha patungan (Joint Venture) dengan perusahaan domestik adalah perusahaan yang tergolong penting bagi Negara dan menguasai hajat hidup orang banyak. Sedangkan yang dilarang untuk penanaman modal asing adalah bidang-bidang yang berkaitan dengan pertahanan Negara, sperti produksi senjata, mesiu, alat-alat peledak dan peralatan perang.

Para pihak yang terkait dalam kontrak ini adalah perusahaan penanaman modal asing (PMA) dengan warga Negara Indonesia atau badan hukum Indonesia. Badan hukum Indinesia ini terdiri dari Badan Usaha Milik Negara, Badan Usaha Milik Daerah, Koperasi, perusahaan PMA, perusahaan PMDN, perusahaan Non-PMA/PMDN. Objek dari kontrak Joint Venture adalah adanya kerja sama patungan antara perusahaan penanaman modal asing (PMA) dengan warga Negara Indonesia dan/atau bahan hukum Indonesia. Hukum yang digunakan dalam kontrak Joint Venture adalah hukum Indonesia. Sedangkan penyelesaian sengketa yang tidak dapat diselesaikan oleh para pihak, maka harus tunduk pada ketentuan International Chambers of Commerce (ICC).

Kebijakan Sumberdaya Manusia pada Perusahaan Multinasional
Ada beberapa kebijakan yang menjadi dasar dalam penentuan SDM di perusahaan multinasional, beberapa diantaranya adalah:
v  Pendekatan Etnosentris: Kebijakan staff  Etnosentris adalah salah satu kunci manajemen yang di 
     isi oleh pihak-pihak dari Negara asal.
v  Pendekatan Polisentris: Kebijakan staff Polisentris adalah kebijaksanaan dari Negara 
     penyelenggara untuk mengelola cabang.
v  Pendekatan Geosentris: Kebijakan staff Geosentris menempatkan orang pada pekerjaan yang tepat di organisasi, tanpa melihat kebangsaaan.

Standarisasi dan Lokalisasi Praktik HRM
Tujuan standardisasi global praktik HRM adalah untuk mencapai konsistensi yang disebutkan di atas, transparansi, dan penyelarasan tenaga kerja yang secara geografis tentang prinsip serta tujuan bersama. Penggunaan praktik manajemen umum dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa perlakuan yang sama antara manajer yang terlibat dalam kegiatan lintas batas serta pada saat yang sama, bertujuan untuk pemahaman umum dari apa yang diharapkan dari karyawan. Selanjutnya, sistem  memfasilitasi proses administrasi dengan meningkatkan efisiensi operasional.
      Tujuan mewujudkan respon lokal adalah untuk menghormati nilai-nilai budaya lokal, tradisi, peraturan atau kendala kelembagaan lainnya seperti kebijakan pemerintah dan / atau sistem pendidikan tentang HRM dan praktik kerja. Seperti disebutkan di atas, mencoba untuk menerapkan metode dan teknik yang telah berhasil dalam satu lingkungan mungkin tidak pantas di negara lain. Tantangan untuk banyak perusahaan multinasional adalah untuk menciptakan sebuah sistem yang beroperasi secara efektif di beberapa negara dengan memanfaatkan perbedaan lokal dan saling ketergantungan dan pada saat yang sama mempertahankan konsistensi global. Salah satunya adalah isu kompensasi dalam bisnis internasional. Pertama bagaimana kompensasi seharusnya mencerminkan perbedaan nasional dalam praktek ekonomi dan kompensasi, isu lain adalah bagaimana pekerja asing dibayar.

D.    PEMBAHASAN
PT DENSO Indonesia memperkerjakan sekitas 1540 karyawan yang terdiri dari pria dan wanita dengan latar pendidikan yang berbeda. Status kepegawaian di DENSO juga dibagi menjadi 2 kategori yaitu karyawan tetap dan karyawan kontrak.

v  Jam Kerja
Jam kerja PT DENSO disesuaikan dengan standar DENSO Group, yaitu:
Ø  Jam kerja karyawan kantor: Dimulai pukul 07.30 sapai 16.30 setiap hari Senin – Kamis, dan pukul 07.30 – 16.50 setiap hari Jumat. Selain itu, dalam waktu kerja tersebut sudah termasuk jam istirahat sebanya 3 kali.
Ø  Jam kerja Karyawan Produksi: DENSO menerapkan 2 shift kerja. Shift pertama dimulai dari jam 07.30 – 16.30 dan shift kedua dimulai dari jam 21.00 – 05.00



v  Unit Kerja
Struktur organisasi PT DENSO Indonesia terdiri dari Board of Direction (BOD) meliputi President, Vice President, dan 5 orang Director. President dan Vice President membawahi langsung SHE Comitte. Masing-masing Director membawahi divisi dan divisi tersebut mempunyai beberapa departemen yang terkoordinasi dengan seluruh directorate dan divisi. Terdapat kekurangan dalam hal informasi penggunaan ekspatriat di PT DENSO Indonesia, namun diperkirakan bahwa DENSO tetap mempunyai karyawan asing dalam perusahaan.

v  Sarana dan Prasarana Perusahaan
PT DENSO Indonesia dilengkapi denagan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan proses produksi dan memberikan kemudahan pada karyawannya, antara lain:
a.       Pendidikan dan Pelatihan
PT DENSO Indonesia menjalankan program pendidikan yang mengacu pada standar DENSO Group. Program pelatihan yang diberikan cukup beragam, khususnya Bahasa Jepang untuk karyawan office (tetapi tidak diwajibkan bagi semua karyawan). Untuk program pelatihan dilakukan SHE Department sampai dengan level section head. Pemberian dan pelaksanaan sesuai dengan identifikasi kebutuhan pelatihan. Beberapa contoh pelatihan yang diberikan antara lain mengenai Yoichi Training (Kiken Yoichi Training), simulasi kebakaran, penggunaan alat pelindung diri (APD), dan lain-lain. Selain  itu ada training green card yang wajib diikuti oleh seluruh karyawan DENSO yang baru.
b.      Sarana peribadatan
Sarana peribadatan telah di sesuaikan dengan mayoritas kepercayaan di Indonesia yaitu disediakan mushola dan masjid.
c.       Kantin
Kantin yang ada di PT DENSO Indonesia cukup luas untuk menampung semua karyawan. Kantin dibangun 2 lantai untuk karyawan pabrik dan office, sedangkan untuk General Manager dan Directure disediakan sendiri.
d.      Koperasi
Di PT DENSO Indonesia terdapat koperasi yang menyediakan makanan dan minuman pada jam buka yaitu 08.00 – 16.30
e.       Rekreasi
PT DENSO Indonesia mempunyai program liburan bersama atau rekreasi satu tahun sekali dengan kegiatan employee day dan family day. Program rekreasi sesuai dengan kebijakan DENSO Group, program ini diperuntukan bagi semua karyawan DENSO dengan tujuan mempererat persaudaraan dan menciptakan kebersamaan baik antar karyawan maupun pimpinan. Hal ini membedakan PT DENSO Indonesia dengan perusahaan multinasional yang lain dan perusahaan besar asli Indonesia itu sendiri.

v  Kompensasi
PT DENSO Indonesia memberikan besaran kompensasi yang sesuai dengan standar di Indonesia. Namun, perlu diperhatikan bahwa untuk mengacu sistem kompensasi yang ada di DENSO Group maka PT DENSO Indonesia menyediakan tunjangan lain yang bisa dipertimbangkan untuk menampah besaran gaji pokok yang akan diberikan oleh pihak DENSO kepada seluruh karyawannya. DENSO memberikan kesempatan kerja yang luas untuk seluruh calon karyawan dengan segala latar belakang pendidikan. Salah satu contoh besarnya kompensasi yang diberikan pihak PT DENSO Indonesia untuk karyawan lulusan SMA/K/MA/Sederajat:
·         Gaji Pokok Rp. 2.475.000
·         Lembur( Normatif/Sesuai kebutuhan/wajib)
·         Insentif Kehadiran
·         Uang makan dan Transport
·         Jamsosotek( JPK, JHT )
Berdasarkan tambahan informasi yang lain, bagi lulusan strata 1 (S1):
·          Gaji pokok berkisar 5 juta (sudah termasuk tunjangan transportasi)
·         Memperoleh THR sebanyak 2 kali
·         Bonus tahunan
·         Tunjangan kesehatan pasangan dan anak yang bisa dicairkan dalam bentuk uang tiap akhir tahun (bagi yang sudah berkeluarga)
·         Bonus lembur (Rp 50.000,- untuk hari biasa dan Rp 300.000,- untuk hari Sabtu dan hari libur yang lain)
·         Memperoleh hak cuti yang bisa diuangkan di akhir tahun
·         Mendapatkan kesempatan training baik di dalam maupun luar negeri.

v  Serikat Kerja
Mengacu pada peraturan internasional dan peratulan pemerintah lokal tentang adanya serikat pekerja pada suatu perusahaan maka PT DENSO Indonesia juga memberikan tempat bagi karyawan untuk membentuk serikay pekerja. Dari tahun 1980 sd 1993 Serikat Pekerja yang ada di DENSO Indonesia bernama SRIKANDI (Serikat Pekerja DENSO Indonesia). Pertengahan tahun 1980 SP SRIKANDI First Union berganti menjadi DNIA.
Tahun 1994 sampai 2003 berdiri Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI). Tahun 2003 terjadi Musyawarah Luar Biasa (MUSLUB) – Hasilnya pernyataan keluar dari Organisasi SPSI dan membentuk Serikat Pekerja Mandiri (SPTP), yaitu Serikat Pekerja DENSO Indonesia (SP DNIA)
v  Bentuk Lain dari Standarisasi DENSO Group
Dalam perkembangannya, PT DENSO Indonesia menyelaraskan diri dengan mengikuti beberapa standar kebijakan yang dibuat oleh peursahaan induk DENSO Group di Jepang , antara lain:
A.    Kebijakan Global Jangka Menengah DENSO Group
1.      Strategi Perluas Bisnis untuk memastikan pertumbuhan berkelanjutan dalam beberapa tahun depan:
a.       Memperkuat hubungan dan memperluas bisnis di pasar negara berkembang.
b.      Mengembangkan sistem produk yang membuat kendaraan lebih menarik bagi pelanggan.
c.       Memperluas bisnis aftermarket dan mengembangkan bisnis baru.
2.      Berkembang dengan terus mengembangkan produk pertama di dunia
a.       Meningkatkan kemampuan pengembangan produk yang berfokus pada teknologi pertama di dunia.
b.      Menetapkan pengadaan global, produksi dan sistem pasokan, yang membuat kita “Dantotsu” (sangat kompetitif).
3.      Memfasilitasi kolaborasi seluruh Grup di seluruh dunia dan manajemen perusahaan Speeding-up
a.       Memperkuat yayasan untuk memfasilitasi kolaborasi 120.000 asosiasi di Grup DENSO.
b.      Menciptakan iklim perusahaan yang mendorong rekan untuk bertindak cepat.

B.     Kebijakan Global Jangka panjang DENSO Group
1.      Slogan
Melindungi kehidupan, Melestarikan Bumi, dan Mempersiapkan masa depan yang cerah untuk generasi mendatang
2.      Tujuan 2020
http://www.globaldenso.com/en/aboutdenso/vision/images/vision03.jpgNilai yang disampaikan kepada masyarakat
                
            3.      Masa Depan Masyarakat 2025
Kata kunci global:
v  Menuju Pertumbuhan Berkelanjutan
v  Menuju Penghargaan Jiwa Perorangan
Berikut ini adalah bagan penghargaan dari DENSO Group kepada rekanannya:
                   

            4.   Budaya Korporasi DENSO

Perwujudan Tindakan:
v  Setiap perusahaan memimpin inovasi perusahannya
v  Menantang diri dalam bidang baru
v  Memberikan solusi yang eksklusif.

 Dengan Nilai:
v  Mengambil tnaggung jawab social
v  Melibatkan diri dalam dunia proaktif
v  Mempercayai aspirasi umum

C.    KESIMPULAN
Perusahaan DENSO asal Jepang sudah beroperasi di Indonesia tahun 1975 di bawah bendera PT DENSO Indonesia. Berdasarkan materi yang telah diuraikan maka secara umum dapat disimpulkan bahwa tingkat penyelarasan dan standarisasi yang dilakukan DENSO Group di Indonesia sudah sesuai dengan keadaan di Indonesia. Penerapan kebijakan manajemen terutama sumberdaya manusia yang cukup baik, usaha-usaha yang mengarah pada pencapaian peningkatan mutu di PT DENSO Indonesia. Selain itu hal ini pun akan mendukung perusahaan dalam meraih Keunggulan Bersaing yang Berkelanjutan (Sustainable Competitive Advantage). Untuk mewujudkan pertumbuhan dan kemakmuran pegawai PT DENSO Indonesia maka diciptakan budaya di mana semua rekan dapat mengembangkan diri dan berkontribusi untuk maksimal kemampuan mereka selama bekerja di DENSO Group. PT DENSO Indonesia terus berkembang, dengan situasi yang sangat positif menciptakan banyak kesempatan bagi calon tenaga kerja dengan latar belakang pendidikan untuk bergabung di DENSO Group. DENSO Group telah memberikan contoh manajemen yang baik dengan mengeluarkan kebijakan global yang harus bisa dicapai oleh tiap perusahaannya.

REFERENSI:

9 komentar:

  1. Bagai mana caranya saya mendaftar ke denso admin? Kalau saya yg berlatar belakang pendidikan d3 teknik otomotif saya bs bekerja d bagian apa ya?

    BalasHapus
  2. Saya mau nanya tentang pt.denso..
    Lemburan pt.denso bagian otomotif apa ada yang masuk jam5 sore pulang jam 6 pagi?
    Mohon di jawab trm.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga ada mas. Yang ada tuh masuk jam 9 malem pulang jam 6 pagi

      Hapus
  3. Mohon maaf, kurang tau untuk kebijakan saat ini seperi apa.karena saya membuat artikel ini hanya sebagai materi kuliah saja. :)

    BalasHapus
  4. Ijin share ya https://berceritaasik.blogspot.com/2019/10/pengalaman-mengikuti-tes-pt-denso.html?showComment=1578095586594&m=1#c5210227504606208267

    BalasHapus
  5. Izin bertanya pak bagaimana cara saya bisa mendaftar di pt denso sekadang?

    BalasHapus
  6. Bagai mana caranya agar bisa jadi bengkel resmi denso pak

    BalasHapus